Minggu, 16 Oktober 2016

Pengertian Internet dan Intranet

 

BAB 1

Pengertian Internet dan Intranet

 

A. Pengertian Internet

     Internet merupakan kependekan dari “interconnected networking” yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling tersambung atau terhubung antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, sehingga membentuk sebuah jaringan komputer yang luas di seluruh dunia, sehingga jaringan komputer tersebut dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, saling bertukar informasi ataupun saling tukar-menukar data.
B. Pengertian Intranet
     Intranet adalah jaringan komputer yang saling berhubungan atau tersambung yang digunakan oleh suatu sistem organisasi maupun lembaga. Atau Definisi Intranet yang lain adalah Intranet merupakan suatu jaringan komputer yang berbasis protokol TCP/IP, layaknya jaringan internet hanya saja penggunaannya yang dibatasi atau lebih tertutup jadi tidak semua pengguna atau orang dapat secara mudah mengakses jaringan intranet serta hanya orang atau pengguna tertentu saja yang dapat masuk dan menggunakan jaringan intranet.
  •  Sejarah Singkat Internet
         Sejarah awalnya dimulai pada tahun 1970-an, ARPANET menemukan ide untuk membuat sistem jaringan untuk berbagi informasi dengan dikembangkannya Telnet dan FTP (File Tranfer Protocol) dimana para penggunanya bisa mengirim dan menerima data. Akan tetapi perkembangannya tidak bisa diharapkan sampai kehadiran PC ditahun 1980-an.
        Tahun 1992 menjadi tonggak sejarah baru bagi teknologi ini dengan Internet Protocol
    (IP) barunya, yaitu Hipertext Transfer Protocol (HTTP). Teknologi ini didesain untuk meningkatkan efektivitas dalam hal mendokumentasi dan menjadi sebuah aplikasi handal di internet (red: perkembangan intranet tak pernah lepas dari perkembangan internet). Pengguna web semakin meningkat ketika diperkenalkannya sebuah internet browser yang bernama Mosaic, dimana para pengguana dapat membuat, mengakses dan berbagi informasi. Hal ini sangat memudahkan pengguna sehingga internet semakin berkembang.
    •     Layanan Internet
    1. E-Mail  (Electronic Mail)
        Electronic Mail (email) yang berarti surat elektronik ini berfungsi untuk mengirim surat.
    2. E-Commerce
        E-Commerce adalah layanan internet yang digunakan untuk kepentingan ekonomi.
    3. E-Banking
        Dengan adanya E-Banking proses transfer uang yang Anda lakukan bisa berjalan dengan cepat.
    4.E-Learning
       Merupakan sistem pembelajaran elektronik, dimana peserta didik dan guru tidak bertatap muka secara langsung melainkan dari jarak jauh.
    5. E-Goverment
        E-Goverment merupakan bentuk pelayanan pemerintahan terhadapt masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi informasi.
    6. Milist (Mailing List)
        Milist atau Mailing List adalah layanan yang digunakan untuk berdiskusi dalam suatu komunitas atau organisasi.
    7. IRC (Internet Relay Chat)
        IRC atau akrab disebut layanan chatting adalah suatu teknologi dimana setiap orang dapat berinteraksi  dengan orang lain yang jaraknya jauh.
    8. VOIP (Voice Over Internet Protocol)
        VOIP memungkinkan kita untuk berbicara melalui telepon dengan biaya gratis. VOIP hanya membutuhkan koneksi internet sehingga tidak perlu menggunakan pulsa. Di Indonesia terdapat VOIP Rakyat, Anda bisa menggunakan fasilitas ini dengan gratis.
    •    Manfaat Internet
    1. Menambah Wawasan
        Dengan tersedianya milyaran informasi yang ada di internet, Anda hanya perlu mencari nya saja. Hanya dengan mengetik beberapa kata pun, informasi yang Anda inginkan sudah bisa didapatkan.
    2. Lebih Efisien
        Dengan internet, informasi apapun bisa langsung didapatkan. Jadi, dapat dibuktikan bahwa internet bukan hanya media yang murah, tetapi juga sangat efisien.
    3. Memudahkan Komunikasi
        Internet mampu berperan sebagai media komunikasi kita dengan orang lain.
    4. Meningkatkan Penguasaan Bahasa Asing
        Bisa menggunakan bahasa asing adalah sesuatu yang sangat membanggakan, terlebih lagi berbicara mengenai bahasa Inggris. Bahasa yang satu ini merupakan bahasa internasional yang sebetulnya wajib kita kuasai sebagai bekal untuk bekerja nantinya, terlebih lagi jika Anda ingin bekerja di luar negeri.
    5. Mendorong Kemandirian
        Orang yang sudah fasih menggunakan internet biasanya cenderung bisa lebih mandiri dalam mencari sebuah informasi yang dibutuhkan olehnya. Karena dirinya mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sehingga jika ia penasaran bisa mencarinya di internet. Sehingga terciptalah karakter kemandirian, karena terbiasa insiatif sendiri mencari informasi.
    6. Sarana Pendidikan Jarak Jauh
        Internet sebagai perpustakaan online dan kemampuannya dalam membangun komunikasi yang interaktif memungkinkan setiap orang melakukan pendidikan jarak jauh.
    7. Sebagai Sarana Hiburan
            Sebenarnya sebuah hiburan bisa didapatkan bukan hanya di dunia nyata saja, di dunia maya pun bisa.
    8. Memudahkan Pekerjaan
            Pekerjaan yang sebelumnya terasa berat bisa menjadi ringan karena hadirnya internet.
    9. Untuk Menjalankan Bisnis
            Bisnis yang dijalankan di internet disebut oleh kebanyak orang dengan bisnis online. Ya, bisnis online kini tengah populer dan sudah sangat banyak yang menjalaninya dari seluruh penjuru dunia. Bagusnya bisnis online adalah kita hanya duduk di depan laptop atau komputer saja sambil menjalankan bisnis, jadi tentunya sangat hemat tenaga dan bahkan hasilnya bisa lebih besar dibanding bekerja di dunia nyata.
    10. Bisa Untuk Berbelanja
           Jika Anda suatu hari sedang malas untuk keluar rumah, ataupun sekedar ingin mencari pengalaman baru berbelanja. Belanja online adalah pilihan yang tepat, meski begitu Anda harus berhati-hati,
    •     Dampak Negative Penggunaan Internet
    1. Penipuan
    2. Perjudian
    3. Mengabaikan kehidupan Sosial
    4. Kecanduan Internet
    5. Pornografi

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar